Kegiatan dan Program

Pergeseran Prioritas Demi Masa Depan yang Lestari

Pertumbuhan suatu bangsa yang dibangun di atas eksploitasi sumber daya alam tidak bersifat lestari. Ada kebutuhan untuk melakukan evaluasi ulang atas prioritas nasional demi kemakmuran bagi generasi mendatang. Kebijakan dan strategi pemerintah juga harus dapat mengakomodasi perencanaan jangka panjang serta bekerjasama dengan negara lain untuk melindungi lingkungan dari dampak eksploitasi jangka pendek.

Berdasarkan komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) tanpa pengurangan target pertumbuhan ekonomi yang telah ditetapkan sebesar 7 persen, strategi nasional REDD+ dijabarkan menjadi tiga program strategis sebagai berikut:

  • Pengelolaan lanskap berkelanjutan;
  • Pelaksanaan sistem ekonomi pemanfaatan sumber daya alam secara lestari; dan
  • Konservasi dan rehabilitasi.

Ketiga program strategis di atas dapat berupa program sektoral terutama sektor kehutanan, pertanian, pertambangan, serta program Pemerintah Daerah. Program tersebut dapat pula merupakan program terpadu dengan pendekatan lanskap yang berlandaskan ekoregion dengan pengelolaan lahan multifungsi, sesuai mandat UU 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Pelaksanaan REDD+ dapat mencapai target pengurangan emisi, peningkatan cadangan karbon, pemeliharaan keanekaragaman hayati, dan pembangunan ekonomi jangka panjang dalam skala nasional, apabila kondisi yang memungkinkan (enabling conditions) bagi pelaksanaan ketiga program strategis di atas dapat diwujudkan. Berdasarkan kerangka strategi nasional REDD+, kondisi yang memungkinkan tersebut tidak terpisahkan dan menjadi bagian integral dalam pelaksanaan program strategis REDD+. Demikian pula, dalam pelaksanaan program strategis tersebut juga diperlukan program perubahan paradigma, budaya kerja, serta pelibatan para pihak. Perumusan program strategis juga memerlukan upaya untuk merealisasikan kondisi yang memungkinkan tersebut, karena kondisi itu sebagian besar belum terwujud.

Manfaat terciptanya kondisi yang memungkinkan tersebut tidak terbatas bagi pelaksanaan program REDD+. Kondisi itu dapat menunjang pelaksanaan pengelolaan sumber daya alam pada umumnya dan dapat dicapai dengan efektif, apabila peran Lembaga REDD+ dalam melaksanakan koordinasi dan kerja sama lintas sektor berhasil. Sinergi kebijakan, peraturan, dan program antar-sektor dan Pemerintah Daerah sangat penting dalam menentukan keberhasilan implementasi REDD+. Dengan demikian akan terjadi pengurangan emisi secara permanen sebagai hasil pelaksanaan suatu program.

membagi informasi ini:

Jadwal Kegiatan

Informasi Kontak

Telepon: +62 (21) 2500811
Faximili: +62 (21) 2500822
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Situs Web: www.reddplus.go.id

Kantor Utama

Jl. Ir. H. Juanda No. 36
Jakarta Pusat - 10120, Indonesia

Kantor Operasional

Mayapada Tower II Lt. 14
Jl. Sudirman Kav. 27, Jakarta Selatan - 19210 Indonesia

Jejaring Sosial