Gambut dan Sagu Sumber Kearifan Lokal

Wajah lelaki tua itu masih memancarkan semangat meski usianya tak lagi muda. Usianya tak lagi muda. Namun kepedulian dan kecintaannya terhadap daerahnya menjadi pencerah. Dialah Nong Mell, tokoh masyarakat Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Wak Nong, panggilan akrabnya, sudah tak asing bagi penduduk desa itu.

Continue Reading

Sungai Tohor Mimpikan Hutan Desa

Belakangan ini kedamaian warga di Desa Sungai Tohor agak terusik. Desa asri di Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, ini mulai resah. Pasalnya, keberadaan perusahaan dengan izin Hutan Tanaman Industri (HTI), PT. Lestari Unggul Makmur (LUM), sudah mengusik lahan gambut yang sudah dijaga dan dipelihara warga selama puluhan tahun.

Continue Reading

Lubuk Beringin, Desa Adat Berbasis Kearifan Lokal

"Ke atas tidak berpucuk, ke bawah tidak berakar, di tengah dilubangi kumbang."
Kalimat itu menjadi sumpah pengingat bagi siapapun yang ingin mengambil ikan di Lubuk Beringin, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo, Jambi. Maknanya, bahwa siapapun yang mencuri ikan di lubuk larangan tidak akan diterima oleh bumi ketika ajal menjemput.

Continue Reading

Menjaga Hutan, Menjaga Sumber Air

Sumber air menjadi salah satu pertimbangan utama masyarakat lokal untuk mempertahankan dan melestarikan hutan. Inilah yang terjadi pada masyarakat di Desa Talang Kemuning dan Bintang Marak, Kecamatan Bukit Kerman, Kabupaten Kerinci. Kawasan hutan di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) merupakan hulu Sungai Grao yang mengaliri pertanian kedua desa tersebut.

Continue Reading

Kawa, Sajian dari Hutan Adat Temedak

Daun kopi, yang lazim disebut 'kawa' oleh penduduk setempat, memang menjadi salah satu kekhasan tradisional di daerah itu. Kawa merupakan minuman tradisional berbahan daun kopi. Daun kopi yang sudah kering itu disangrai selama berjam-jam. Ketika akan diminum, daun kopi kering itu diseduh dengan air mendidih.

Continue Reading

membagi informasi ini:

Jadwal Kegiatan

Informasi Kontak

Telepon: +62 (21) 2500811
Faximili: +62 (21) 2500822
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Situs Web: www.reddplus.go.id

Kantor Utama

Jl. Ir. H. Juanda No. 36
Jakarta Pusat - 10120, Indonesia

Kantor Operasional

Mayapada Tower II Lt. 14
Jl. Sudirman Kav. 27, Jakarta Selatan - 19210 Indonesia

Jejaring Sosial